Langsung ke konten utama

Tutorial C++ #5 Membuat Program Raport Kelulusan Siswa

Apa kabar semuanya? semoga kalian sehat selalu. Dikarenakan saya sedang sakit dan ada beberapa urusan jadi baru kali ini saya bisa posting tutorial lagi, beberapa video di youtube saya juga sudah upload lagi silahkan di cek saja.

Kali ini kita akan membuat program Raport Kelulusan Siswa, nantinya seperti biasa program akan meminta input dari user untuk mengisi biodata, kemudian nilai dari beberapa mata pelajaran, lalu dari nilai itu program akan menentukan rata-ratanya kemudian juga menentukan grade dan juga keterangan lulus atau tidaknya. Masih pada tahap menggunakan pengkodisian atau if else untuk menetukannya, misalnya untuk gradenya dan kelulusannya. 

Menentukan mata pelajaran yang akan di gunakan

Sebagai contoh saya akan menggunakan 4 mata pelajaran pokok dan juga 1 mata pelajaran kejuruan. Jadi jumlahnya ada 5 mata pelajaran, diantaranya Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, Matematika dan Kejuruan.

Menentukan Header

Seperti biasa <iostream> akan selalu digunakan karna sangat penting, dan juga using namespace std. Kita butuh satu header lagi yaitu <conio.h> yang digunakan untuk mengakses system, misalnya untuk membersihkan layar atau clearscreen.

#include <iostream>
#include <conio.h>
using namespace std;

Menentukan Variabel

Pertama, kita membuat variabel untuk siswanya dulu. Singkat aja, nomor absen dan nama lengkap saja. kemudian membuat variabel nilai untuk 5 mata pelajaran tadi yang sudah ditentukan dengan tipe double, kemudian rata-rata juga dengan tipe double, lalu grade dengan tipe char dan juga keterangan dengan tipe string.

Kenapa double? karena nilai biasanya bilangan desimal ( nilai mtk: 85.5 ) ada komanya, jadi tidak bisa jika menggunakan integer. Dan char untuk grade? karena kita akan menggunakan satu huruf saja.

string nama, keterangan;
int absen;
double nilai_mtk, nilai_indo, nilai_inggris, nilai_ipa, nilai_kejuruan;
double rata_rata;
char grade;

Kita bisa menyingkat seperti diatas, menyebutkan satu tipa saja kemudian dilanjutkan menyebutkan variabelnya dengan koma.

Membuat Judul Program

Agar keliatan menarik dan rapih, tidak ada salahnya menambakan judul program. Misal seperti ini:

cout << "--------------------------------------" << endl;
cout << "\tRAPOR SISWA KELAS 12" << endl;
cout << "--------------------------------------" << endl;

\t digunakan untuk memeberikan spasi(tab).

Membuat Inputan dari user

Pertama untuk biodata siswa terlebih dulu, yaitu nama lengkap dan nomor absen. Kemudian dilanjutkan nilai dari mata pelajarannya. 

cout << "Nama \t\t:";
getline(cin,nama);
cout << "Absen \t\t:";
cin >> absen;
cout << "Matematika \t:";
cin >> nilai_mtk;
cout << "B. Indonesia \t:";
cin >>  nilai_indo;
cout << "B. Inggris \t:";
cin >> nilai_inggris;
cout << "IPA \t\t:";
cin >> nilai_ipa;

Ada beberapa masalah disini, jika menggunakan cin, kita tidak bisa menginput nama lengkap. Yang terbaca hanya nama depan saja, misalnya memasukan input "Bagas Arisandi" maka nanti yang terbaca hanya "Bagas" saja. Solusinya adalah kita mengunakan getline().

Membersihkan Layar

Agar tidak memenuhi layar dan terlihat berantakan, kita perlu memebersihkannya dengan menggunakan perintah clearscreen yang terdapat pada header <conio.h>

system("cls");

Copy Paste Judul Program

Setelah layar dibersihkan sudah pasti layar akan kosong, nah.. kita copas saja judulnya agar terlihat bagus dan seperti awal.

cout << "--------------------------------------" << endl;
cout << "\tRAPOR SISWA KELAS 12" << endl;
cout << "--------------------------------------" << endl;

Menentukan Rata-rata nilai

Rata-rata nilai untuk menentukannya kita harus menggunakan rumus, jumlahkan semua nilainya kemudian di bagi dengan jumlah mata pelajarannya, contoh rata-rata = (nilai_mtk+nilai_bindo+nilai_binggris+nilai_ipa)/5

rata_rata = (nilai_mtk + nilai_indo + nilai_inggris + nilai_ipa)/5;

Menentukan Grade

Kita akan menentukan Grade berdasarkan rata-rata yang diperoleh, misalnya jika siswa dapat rata-rata 45.5 maka akan mendapat grade "E" jika 80 maka akan mendapatkan grade "B" dan sebagainya


if (rata_rata > 0 and rata_rata < 60){
grade = 'E';
}else if(rata_rata > 60 and rata_rata < 70 ) {
grade = 'D';
}else if(rata_rata > 70 and rata_rata < 80 ){
grade = 'C';
}else if(rata_rata > 80 and rata_rata < 90){
grade = 'B';
}else if(rata_rata > 90 and rata_rata < 100){
grade = 'A';
}else if(rata_rata = 100){
grade = 'S';
}

Menentukan Kelulusan

Misalnya KKM atau nilai standar kelulusannya adalah 83.5, maka jika siswa melampaui nilai tersebut akan lulus. Jika sebaliknya maka tidak lulus.

if (rata_rata > 83.5){
keterangan = "Lulus";}
else {keterangan = "Tidak Lulus";}

Membuat output 

Sekarang tahap terakhir, kita hanya perlu mengeluarkan hasil yang sudah kita buat, jangan lupa berikan "\t" untuk memberi spasi(tab) agar lebih rapih.

cout << "Nama \t\t: " << nama << endl;
cout << "Absen \t\t: " << absen << endl;
cout << "Rata-Rata \t: " << rata_rata << endl;
cout << "Grade \t\t: " << grade << endl;
cout << "Keterangan \t: " << keterangan;

Silahkan di jalankan programnya, periksa dulu baiknya agar tidak ada typo atau kesalahan yang lainnya. Jika merasa sudah selesai, baru kalian bisa jalankan programnya.

Kurang lebih hasilnya akan seperti ini:

share-san.blogspot.com
share-san.blogspot.com

Jika kalian masih bingung, silahkan tonton videonya dan salin saja full kodenya di postingan Coding di Android #5 Program Kelulusan Siswa, disana juga ada videonya silahkan ditonton dan disimak. 

Sekian postingan saya kali ini, semoga ada manfaatnya dan menambah wawasan kalian. Terimakasih, semoga ketemu lagi ditahun 2021. Aamiin..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

YouTube bukan cuma platform hiburan, tapi juga ladang cuan! Pelajari 3 cara top cuan di YouTube: pasang iklan, raih Super Chat & Super Sticker, dan konten eksklusif YouTube Premium. Jangan lupa tips bikin konten raja biar cuanmu terbang! YouTube adalah platform media sosial yang populer untuk berbagi video. Selain untuk hiburan, YouTube juga bisa menjadi sumber penghasilan bagi para kreator konten. Berikut adalah 3 cara untuk mendapatkan uang dari YouTube: 1. Iklan Cara paling umum untuk mendapatkan uang dari YouTube adalah dengan menampilkan iklan di video kalian. Ketika penonton menonton video kalian, mereka akan melihat iklan. YouTube akan membayar kalian berdasarkan jumlah penayangan iklan tersebut. 2. Super Chat dan Super Sticker Super Chat dan Super Sticker adalah fitur yang memungkinkan penonton untuk memberikan dukungan finansial kepada kalian para kreator konten. Super Chat adalah pesan yang muncul di bagian atas layar selama 5 menit, sedangkan Super Sticker adalah stiker

Coding C++ di Android #1 Biodata (Source Code dan Video)

Kalian yang membaca artikel ini, mungkin sudah melihat video tutorial saya Coding Menggunakan Android di Youtube. Membuat biodata dengan input dari user step by step dari awal hingga akhir, dalam video tersebut saya menyiapkan sebuah source codenya atau salinan kodingnya di blog ini. Dalam video tersebut saya juga menjelaskan apa itu variabel dan bagaimana cara menulisnya, menganalisis variabel yang dibutuhkan dan kemudian menjalankan programnya.   Buat yang belum nonton silahkan di tonton dulu, beri komentar kurangnya apa dan kritikan juga gak masalah agara kedepannya atau video selanjutnya menjadi lebih baik dan mudah untuk dipahami. Source code: #include <iostream> using namespace std; //variabel string nama; int tglLhr; int umur; string dmsl; //main program int main(int argc, char *argv[]) { //input ke variable cout << "Masukkan nama kamu: "; cin >> nama; cout << "Masukkan Tanggal lahir: "; cin >> tglLhr; cout << "Ma

Coding di Android C++: #2 Kalkulator Sederhana (Source Code dan Video)

Pada sebelumnya, saya sudah membagikan source code  dan video tutorial pertama Coding di Android #1 biodata beserta tutorial dalam kodingnya. Kali ini saya akan membagikan source code dari tutorial kedua yaitu membuat kalkulator sederhana. Dalam channel youtube saya juga sudah ada videonya silahkan di tonton agar lebih mudeng dan lebih jelas.  Video Tutorial C++ Membuat Kalkulator Pada video tersebut mungkin masih banyak kekurangannya, saya harap jika kalian punya masukan atau saran silahkan komen di video tersebut atau komen di sini agar menjadi pembelajaran juga untuk diri saya sendiri supaya kedepannya menjadi lebih baik lagi. Source Code Kalkulator #include <iostream> using namespace std; int angka1; int angka2; int main(){ cout << "angka pertama: "; cin >> angka1; cout << "angka kedua: "; cin >> angka2; //hasil //tambah cout << "Hasil Tambah: "; cout << angka1 + angka2; cout << endl; //kurang