Langsung ke konten utama

Tutorial Javascript #1 Variabel dan Tipe Data


Sebelum masuk ke konten utama untuk ngeremake konten c++ ke javascript. Ada beberapa langkah yang harus di ketahui atau dipelajari dulu nih. Diantarnya ada 3, yaitu cara deklarasi variabel dan tipe data apa saja yang bisa di deklarasikan, kemudian function atau fungsi yang berisi kumpulan kode dan bisa dipanggil berulang tanpa menuliskannya lagi, dan terakhir adalah loopingan atau perulangan.
Untuk kali ini kita mulai dari yang pertama yaitu Variabel dan Tipe Data.
Deklarasi variabel menurut standart itu ada 2:
    1. Let
    2. Const

Tipe data yang sering digunakan itu ada 4:
    1. Number
    2. String
    3. Array
    4. Object

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan simak dibawah ini

1. Untuk deklarasi bisa menggunakan let dan const, let digunakan ketika nilai atau valuenya akan dirubah sementara const digunakan ketika nilai atau valuenya tidak akan dirubah.

2. Tipe data yang sering digunakan adalah String dan Number, keduanya lebih sering digunakan.
Pertama kita deklarasikan menggunakan let dan beri nama variabel dengan num, set valuenya menjadi 0. Kemudian dibawahnya gunakan const dan beri nama variabel dengan str, set valuenya dengan 'intro'.
Uniknya di javascript ini, tidak perlu menggunakan titik koma dan setiap deklarasi variabel tidak perlu deklarasi tipe datanya, jadi bisa langsung set valuenya sesuai tipe data yang diinginkan. 
Note: biasanya string menggunakan petik satu atau dua ( ' / " ), dan untuk memberi komen dengan slash ( // )

// deklarasi variabel
let num = 0
const str = 'intro'

3. Kemudian coba kita lihat outputnya dengan perintah console.log() dan isi dengan kedua variabel tersebut. Gunakan typeof untuk cek dia sebagai tipe data apa.

// output
console.log(typeof num, num)
console.log(typeof str, str)

4. Sekarang kita akan melihat perbedaan let dan const, coba kita reassign kedua vaiabel tersebut. Yang pertama coba untuk vaiabel num, ubah valuenya menjadi 100, kemudian coba run, maka hasilnya value variabel num akan berubah nilainya. Bahkan kita bisa merubahnya menjadi tipe data yang lain, misalnya menjadi string dan tidak terjadi error.
--------------

// reassign
num = 100
num = 'satu'

//output
--------------
5. Selanjutnya coba lakukan hal yang sama untuk str, dan coba lihat hasilnya. Sebetulnya akan terjadi pesan error, karena kita tidak bisa merubah variabel yang sudah di set const. Disinilah perbedaannya, jadi jika ingin melakukan deklarasi variabel yang akan berubah gunakan let. Biarkan saja dan tidak perlu di ubah valuenya.

6. Ada tipe data Array, tipe data array bisa menampung lebih dari satu informasi dan tipe datanya bisa beragam. Array mempunyai indeks dimana indeks ini selalu dimulai dari 0 bukan satu. Misal kita set variabel array dengan nama arr dan set valuenya menggunakan tanda [ ], dimana didalamnya diisikan value yang beragam. 

// deklarasi variabel
let num = 0
const str = 'intro'
let arr = [1 ,2 , 3, 'bagas']

7. Bisa kita lihat bahwa variabel arr mempunyai 4 value yaitu 1, 2, 3, dan bagas. Dan kita bisa mengakses valuenya dengan sistem indeks. Misal ingin merubah value 'bagas' menjadi 'arisandi' maka kita cek value tsb ada di index berapa? jawabnnya ada di index 3, dengan begitu kita bisa merubahnya berdasarkan urutan indexnya.
--------------

// reassign
num = 100
num = 'satu'
arr[3] = 'arisandi'

//output
--------------

8. Kemudian kita coba console.log(arr) dan lihat hasilnya, di index ke 3 atau urutan value ke 4 nilainya akan berubah.

// output
console.log(num)
console.log(str)
console.log(arr)

9. Atau bahkan kita bisa hanya menampilkan sesuai index yang diingkan, misal tampilkan untuk value 'arisandi' saja.

// output
console.log(num)
console.log(str)
console.log(arr[3])

10. Untuk tipe array, jika dirubah deklarasinya menjadi const isinya bisa tetap dirubah kecuali merubah kseluruhan value. Misal const arr = [1,2,3] kemudian kita reassign menjadi arr =  [1,1,1] itu akan memunculkan error karna merubah semuanya. Tetapi jika hanya merubah isinya, tidak akan error.

11. Ada juga tipe data object, kurang lebih mirip dengan array tetapi dia menggunakan kurung kurawal. Dan tidak ada index, tetapi key. Misal deklarasikan variabel tipe data object dengan nama obj dan set valuenya menjadi nama: 'Bagas, umur: 24 kemudian coba console.log().

// deklarasi variabel
let num = 0
const str = 'intro'
let arr = [1 ,2 , 3, 'bagas']
let obj = {nama: 'bagas', umur: 24}

12. Nama dan umur adalah sebagai key untuk diakses, sementara bagas dan 24 itu sebagai valuenya. Sekarang coba console.log(obj)

// output
console.log(num)
console.log(str)
console.log(arr[3])
console.log(obj)


13. Sama seperti array, kita bisa merubah isinya dengan mengakses valuenya. Bedanya jika array menggunakan index, kalau object menggunakan key. Misal ingin merubah umur, maka cara aksesnya adalah obj.umur = .....
--------------

// reassign
num = 100
num = 'satu'
arr[3] = 'arisandi'
obj.umur = 25

//output
--------------

14. Bahkan kita juga bisa menampilkan hasil output sesuai keinginan. Misal ingin menampilkan value dari nama saja dari obj tersebut maka aksesnya adalah obj.nama.

// output
console.log(num)
console.log(str)
console.log(arr[3])
console.log(obj.nama)

15. Sama seperti array, jika menggunakan const untuk isi valuenya tetap bisa dirubah kecuali merubah keseluruhannya.

Kurang lebih seperti itu pengenalan untuk variabel dan tipe datanya semoga bisa dipahami.
Silahkan dicoba-coba lagi, dan di simak baik-baik. Atau bisa di cek video di youtube saya agar lebih detailnya, Sekian dan terimakasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

YouTube bukan cuma platform hiburan, tapi juga ladang cuan! Pelajari 3 cara top cuan di YouTube: pasang iklan, raih Super Chat & Super Sticker, dan konten eksklusif YouTube Premium. Jangan lupa tips bikin konten raja biar cuanmu terbang! YouTube adalah platform media sosial yang populer untuk berbagi video. Selain untuk hiburan, YouTube juga bisa menjadi sumber penghasilan bagi para kreator konten. Berikut adalah 3 cara untuk mendapatkan uang dari YouTube: 1. Iklan Cara paling umum untuk mendapatkan uang dari YouTube adalah dengan menampilkan iklan di video kalian. Ketika penonton menonton video kalian, mereka akan melihat iklan. YouTube akan membayar kalian berdasarkan jumlah penayangan iklan tersebut. 2. Super Chat dan Super Sticker Super Chat dan Super Sticker adalah fitur yang memungkinkan penonton untuk memberikan dukungan finansial kepada kalian para kreator konten. Super Chat adalah pesan yang muncul di bagian atas layar selama 5 menit, sedangkan Super Sticker adalah stiker

Coding C++ di Android #1 Biodata (Source Code dan Video)

Kalian yang membaca artikel ini, mungkin sudah melihat video tutorial saya Coding Menggunakan Android di Youtube. Membuat biodata dengan input dari user step by step dari awal hingga akhir, dalam video tersebut saya menyiapkan sebuah source codenya atau salinan kodingnya di blog ini. Dalam video tersebut saya juga menjelaskan apa itu variabel dan bagaimana cara menulisnya, menganalisis variabel yang dibutuhkan dan kemudian menjalankan programnya.   Buat yang belum nonton silahkan di tonton dulu, beri komentar kurangnya apa dan kritikan juga gak masalah agara kedepannya atau video selanjutnya menjadi lebih baik dan mudah untuk dipahami. Source code: #include <iostream> using namespace std; //variabel string nama; int tglLhr; int umur; string dmsl; //main program int main(int argc, char *argv[]) { //input ke variable cout << "Masukkan nama kamu: "; cin >> nama; cout << "Masukkan Tanggal lahir: "; cin >> tglLhr; cout << "Ma

Coding di Android C++: #2 Kalkulator Sederhana (Source Code dan Video)

Pada sebelumnya, saya sudah membagikan source code  dan video tutorial pertama Coding di Android #1 biodata beserta tutorial dalam kodingnya. Kali ini saya akan membagikan source code dari tutorial kedua yaitu membuat kalkulator sederhana. Dalam channel youtube saya juga sudah ada videonya silahkan di tonton agar lebih mudeng dan lebih jelas.  Video Tutorial C++ Membuat Kalkulator Pada video tersebut mungkin masih banyak kekurangannya, saya harap jika kalian punya masukan atau saran silahkan komen di video tersebut atau komen di sini agar menjadi pembelajaran juga untuk diri saya sendiri supaya kedepannya menjadi lebih baik lagi. Source Code Kalkulator #include <iostream> using namespace std; int angka1; int angka2; int main(){ cout << "angka pertama: "; cin >> angka1; cout << "angka kedua: "; cin >> angka2; //hasil //tambah cout << "Hasil Tambah: "; cout << angka1 + angka2; cout << endl; //kurang