Yowww, tanpa banyak basa basi kita lanjut cara bikin angka damage yang muncul diatas objek yang dituju, biasanya kalo main Ninja Saga dulu ata semacamnya, setiap kalian serang musuh pasti keluar angka damage yang diterima musuh diatas objek musuh tersebut, begitu juga kalian memakai potion atau heal ke teman ataupun ke diri sendiri, nah disini saya akan kasih tau caranya yang simple dulu.
Pertama buka Game Maker, disini saya masih pake GM 8.0 pro
2) Bikin object baru > berinama obj_damage > add event
> Create
3) Pilih tab control (ada disamping kanan, dibawah menu move,
main1, dan main2) > pilih execute code > masukan script seperti ini
Disini kita selesai membuat obj_damage, selanjutnya kita akan membuat obj_heal dan isinya pun gak beda jauh. Hanya beda warna
7) Cara cepat, Klik kanan obj_damage > pilih duplicate
agar kita gak bikin lagi. Atau kalo mau sekalian belajar, bikin lagi aja
seperti object damage tadi.
8) Ganti nama dengan obj_heal > di bagian event, klik
event draw > edit script draw_set_color diganti dengan warna hijau/green,
seperti dibawah ini.
Object terakhir!
9) Buat object baru > beri nama obj_control.
11) Kemudian pindah ke tab main2 > pilih icon create instance > object pilih obj_damage > x = mouse_x, y=mouse_y.
12) Klik add event lagi > mouse > global mouse > Global right released
15) Run > lihat hasilnya :D
Klik kanan atau klik kiri untuk memunculkan damage/heal.
Seperti biasa, kalo masih ada yang bingung atau ada yang
pengen file *gmknya atau penjelasannya silahkan di download.
Ohiya, saya buat beberapa perkembangan dari tutorial diatas,
bisa dilihat post selanjutnya nanti.
Happy Making^^
Komentar
Posting Komentar
Note: "Postingan ini kurang jelas atau sulit dipahami? silahkan berikan komentar disini"