Okeeyyy!!!
Pada kesempatan kali ini saya mau share tentang kembangan
dari tutorial saya kemarin. Temanya masih sama kok, masih tentang angka yang
muncul diatas object. Cuma kali ini saya coba pake sprite chest atau harta
karun. Jadi konsepnya, ketika kita klik chest tersebut maka akan ada angka yang
keluar setelah chestnya terbuka. Dan angka tersebut bukan damage atau healing,
tapi yang berhubungan sama chest, yaitu.. Gold.
Saya gak bikin tutorialnya, kalo kalian baca dan nyoba
postingan yang Show Damage diatas Object kemarin, pasti bisa. Tapi saya mau kasih sedikit bocoran
:v
Pertama untuk spritenya, kalian pasti punya semua kok. Ada
di folder game maker > sprites > maze – platformer. Yak, biasanya ada
disitu, cari aja gambarnya. Kalo kalian rajin baca postingan saya tentang Game
maker pasti bisa kok bikin sprite dan cara masukinnya ke objectnya ;) (uhukkk)
Kedua buat warna angkanya, set aja warna angkanya jadi warna
kuning. Jadi kita add event draw > draw > sisipkan scriptnya. Di event
draw ini disisipkan draw_set_color(c_yellow) (bisa ditaruh diatas script sprite
atau dibawahnya dimana aja gak masalah).
Ketiga, bermain logika dan variabel. Di obj_control kalian
buat variabel, entah itu variabel buka, open, atau apalah gitu buat main
spritenya dan main angkanya. Logikanya gini, kalo chest belum kebuka variabelnya
= 0, ketika di klik chestnya dan chestnya kebuka, maka variabelnya jadi = 1 dan
angkapun keluar dari chest. Ketika chest kebuka dan variabelnya = 1 dan
chestnya di klik lagi, maka angka gak bisa keluar lagi. Cara ngeluarin angkanya
gimana? Ya sama kaya yang sebelumnya, pake cara instance create obj_gold.
Keempat, Kalo masih bingung. Download aja file gmknya,
dibawah ini. Didalamnya juga ada beberapa penjelasannya kok.
Tunggu 5 detik > skip add!
Happy making!
Komentar
Posting Komentar
Note: "Postingan ini kurang jelas atau sulit dipahami? silahkan berikan komentar disini"