Langsung ke konten utama

Tambah imun anti-virus dengan buah Nanas

Pengertian

Nanas, nenas, atau ananas (Ananas comosus (L.) Merr.) adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). Perawakan (habitus) tumbuhannya rendah, herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal. Buahnya dalam bahasa Inggris disebut sebagai pineapple karena bentuknya yang seperti pohon pinus. Nama 'nanas' berasal dari sebutan orang Tupi untuk buah ini: anana, yang bermakna "buah yang sangat baik". Burung penghisap madu (hummingbird) merupakan penyerbuk alamiah dari buah ini, meskipun berbagai serangga juga memiliki peran yang sama.

Buah nanas sebagaimana yang dijual orang bukanlah buah sejati, melainkan gabungan buah-buah sejati (bekasnya terlihat dari setiap 'sisik' pada kulit buahnya) yang dalam perkembangannya tergabung bersama-sama dengan tongkol (spadix) bunga majemuk menjadi satu 'buah' besar. Nanas yang dibudidayakan orang sudah kehilangan kemampuan memperbanyak secara seksual, tetapi ia mengembangkan tanaman muda (bagian 'mahkota' buah) yang merupakan sarana perbanyakan secara vegetatif. nanas meningkatkan pencernaan dan mengurangi jerawat. Di Indonesia, provinsi Lampung merupakan daerah penanaman nanas utama, dengan beberapa pabrik pengolahan nanas juga terdapat di sana.

Kandungan Buah Nanas

Nanas memang termasuk buah rendah kalori namun memiliki kandungan nutrisi tinggi. Nanas juga mengandung beberapa nutrisi lain, seperti
  • Vitamin C
  • Mangan
  • Bitamin B6
  • Tembaga
  • Folat
  • Kalium
  • Magnesium
  • Zat besi
  • Vitamin A
  • Fosfor
  • Seng
  • Kalsium
Berbagai nutrisi ini, terutama vitamin C dan mangan umumnya memberikan masing-masing 131% dan 76% dari rekomendasi harian. Vitamin C memang sangat penting untuk pertumbuhan, perkembangan, sistem kekebalan tubuh, dan membantu penyerapan zat besi dari makanan. Sementara mangan merupakan mineral alami yang membantu pertumbuhan, mempertahankan metabolisme tubuh, dan memiliki sifat antioksidan.

Dalam satu cangkir nanas atau sekitar 165 gram, terkandung 
  • 82,5 kalori
  • 1,7 gram lemak
  • 1 gram protein
  • 21,6 karbohidrat
  • 2,3 gram serat

Manfaat Buah Nanas

Mengurangi risiko kanker

Kanker merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan pertumbuhan sel tidak terkendali. Perkembangan sel ini umumnya terkait dengan stres oksidatif dan peradangan kronis. Karena itu, nanas dan senyawanya dipercaya mampu membantu mengurangi risiko kanker.

Salah satu senyawa dalam nanas termasuk ke dalam kelompok enzim pencernaan yang disebut dengan bromelain. Sebuah studi menunjukkan bahwa bromelain ini dapat membantu melawan kanker.

Tak hanya itu, khasiat nanas untuk kesehatan dari kandungan bromelainnya ini juga diketahui dapat menekan kanker pada kulit, saluran empedu, lambung, dan usus besar.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Nanas dapat meningkatkan kekebalan dan mencegah peradangan karena mengandung berbagai macam vitamin, mineral, dan enzim seperti bromelain. Dalam sebuah studi, nanas diberikan kepada anak-anak untuk melihat efek untuk sistem kekebalan tubuhnya.

Hasilnya, anak-anak yang makan nanas memiliki risiko rendah untuk terkena infeksi virus dan bakteri.

Beberapa anak lain yang makan nanas lebih banyak bahkan memiliki hampir empat kali lipat sel darah putih atau granulosit untuk melawan penyakit. Diyakini, sifat anti inflamasi dalam nanas dapat membantu sistem kekebalan tubuh.

Mempercepat pemulihan setelah operasi

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa bromelain dapat membantu mengurangi peradangan, pembengkakan, memar, dan rasa sakit setelah operasi. Perlu diketahui, manfaat buah nanas memberikan jumlah yang sama dengan obat antiinflamasi biasa.

Selain operasi, olahraga berat yang dapat merusak jaringan otot dan menyebabkan peradangan bisa dipulihkan dengan bromelain.

Khasiat nanas untuk kesehatan karena adanya kandungan bromelain juga diyakini mampu mempercepat pemulihan pada kerusakan akibat olahraga berat dengan mengurangi peradangan di sekitar jaringan otot yang rusak.

Mengatasi masalah pencernaan

Nanas mengandung sekelompok enzim perncernaan yang dikenal sebagai bromelain. Enzim ini berfungsi sebagai protease yang akan memecah molekul protein menjadi asam amino dan peptida. 

Setelah molekul protein dipecah, hal ini akan memudahkan usus kecil untuk menyerapnya. Karena itu, orang-orang dengan masalah pada pankreas menjadi sangat terbantu.

Masalah kesehatan ini biasanya dikarenakan pankreas tidak dapat membuat enzim pencernaan yang cukup.

Antioksidan tinggi

Tidak hanya kaya akan nutrisi, nanas juga sarat dengan antioksidan sehat. Antioksidan sendiri merupakan molekul yang dapat membantu tubuh dalam melawan stres oksidatif. Stres oksidatif adalah keadaan di mana ada terlalu banyak radikal bebas di dalam tubuh.

Radikal bebas biasanya berinteraksi dengan sel-sel tubuh sehingga menyebabkan kerusakan yang terkait peradangan kronis, sistem kekebalan yang melemah, dan penyakit berbahaya.

Nanas sangat kaya akan antioksidan yang dikenal sebagai flavonoid dan asam fenolik dimana akan membantu memerangi penyakit.

Cara Konsumsi Nanas

Membuat air nanas atau Infused Water

  1. Kupas kulit dan potong nanas hingga kecil.
  2. Memasukkan potongan nanas ke dalam air minum.
  3. Setelah meminum airnya, jangan lupa untuk memakan buahnya juga.

Dibuat Jus

  • Potong nanas dan ambil dagingnya, potong kecil agar bisa di blender
  • Masukkan air secukupnya
  • Blender hingga halus
  • Lebih baik tidak ditambah gula atau bahan lain agar kandungan sehatnya tidak hilang.

Dimakan Langsung agar kandungan tidak hilang

Itulah postingan tentang pengertian buah nanas dan manfaat beserta kandungan baik yang sehat untuk tubuh, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian. Sekian dan terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

YouTube bukan cuma platform hiburan, tapi juga ladang cuan! Pelajari 3 cara top cuan di YouTube: pasang iklan, raih Super Chat & Super Sticker, dan konten eksklusif YouTube Premium. Jangan lupa tips bikin konten raja biar cuanmu terbang! YouTube adalah platform media sosial yang populer untuk berbagi video. Selain untuk hiburan, YouTube juga bisa menjadi sumber penghasilan bagi para kreator konten. Berikut adalah 3 cara untuk mendapatkan uang dari YouTube: 1. Iklan Cara paling umum untuk mendapatkan uang dari YouTube adalah dengan menampilkan iklan di video kalian. Ketika penonton menonton video kalian, mereka akan melihat iklan. YouTube akan membayar kalian berdasarkan jumlah penayangan iklan tersebut. 2. Super Chat dan Super Sticker Super Chat dan Super Sticker adalah fitur yang memungkinkan penonton untuk memberikan dukungan finansial kepada kalian para kreator konten. Super Chat adalah pesan yang muncul di bagian atas layar selama 5 menit, sedangkan Super Sticker adalah stiker

Coding C++ di Android #1 Biodata (Source Code dan Video)

Kalian yang membaca artikel ini, mungkin sudah melihat video tutorial saya Coding Menggunakan Android di Youtube. Membuat biodata dengan input dari user step by step dari awal hingga akhir, dalam video tersebut saya menyiapkan sebuah source codenya atau salinan kodingnya di blog ini. Dalam video tersebut saya juga menjelaskan apa itu variabel dan bagaimana cara menulisnya, menganalisis variabel yang dibutuhkan dan kemudian menjalankan programnya.   Buat yang belum nonton silahkan di tonton dulu, beri komentar kurangnya apa dan kritikan juga gak masalah agara kedepannya atau video selanjutnya menjadi lebih baik dan mudah untuk dipahami. Source code: #include <iostream> using namespace std; //variabel string nama; int tglLhr; int umur; string dmsl; //main program int main(int argc, char *argv[]) { //input ke variable cout << "Masukkan nama kamu: "; cin >> nama; cout << "Masukkan Tanggal lahir: "; cin >> tglLhr; cout << "Ma

Coding di Android C++: #2 Kalkulator Sederhana (Source Code dan Video)

Pada sebelumnya, saya sudah membagikan source code  dan video tutorial pertama Coding di Android #1 biodata beserta tutorial dalam kodingnya. Kali ini saya akan membagikan source code dari tutorial kedua yaitu membuat kalkulator sederhana. Dalam channel youtube saya juga sudah ada videonya silahkan di tonton agar lebih mudeng dan lebih jelas.  Video Tutorial C++ Membuat Kalkulator Pada video tersebut mungkin masih banyak kekurangannya, saya harap jika kalian punya masukan atau saran silahkan komen di video tersebut atau komen di sini agar menjadi pembelajaran juga untuk diri saya sendiri supaya kedepannya menjadi lebih baik lagi. Source Code Kalkulator #include <iostream> using namespace std; int angka1; int angka2; int main(){ cout << "angka pertama: "; cin >> angka1; cout << "angka kedua: "; cin >> angka2; //hasil //tambah cout << "Hasil Tambah: "; cout << angka1 + angka2; cout << endl; //kurang