Langsung ke konten utama

Membuat Website Makanan untuk @CookingByNaey

    Beberapa waktu lalu masih dalam masa pandemi dan mencari kerja masih sangat sulit bahkan banyak Perusahaan yang memberhentikan beberapa karyawan, mengakibatkan banyak orang bingung bahkan ada yang sampai kondisi mentalnya setres. Untuk itu, daripada saya ikut-ikutan setres berkepanjangan maka saya menyibukkan diri saya dengan belajar Pemrograman. Semenjak SMP saya sudah tertarik dengan dunia Digital, saya tertarik untuk membuat program sederhana saya juga tertarik dengan Desain Grafis bahkan sampai membuat game. Jadi menurut saya ini adalah waktu yang tepat untuk mengembangkan hal itu lagi karna saya yakin Dunia Digital semakin kedepan semakin berkembang. 

    Adapun beberapa situs web resmi atau forum yang saya ikuti, bisa di cek di postingan sebelumnya di 5 Situs Belajar Koding Terbaik dan Gratis!  saya mengikuti beberapa materi dalam situs tersebut, belajar sedikit demi sedikit sampai mengerti. Kemudian akhirnya saya bisa menguasai bahasa HTML dan CSS dasar, kemudian dilanjut dengan PHP, saya melakukan koding hanya bermodalkan Notepad++ untuk Desain Logo dan gambar menu menggunakan Photoshop.

    Suatu hari saya ingin sekali membuat situs, tapi entah apa judul dan konsepnya belum terpikirkan. Kemudian tak lama saya membuatkan pacar saya sebuah situs untuk dagangannya dengan sistem order dimana saya hanya menampilkan Menu dagangan dan Nomor Hp atau kontak saja. Kenapa? karena saya masih dasar dalam membuat web. 

Pertama yang saya lakukan adalah membuat logo dan beberapa gambar untuk menunya, lalu saya masukan kedalam halaman HTML.

 (index.html)

Ini adalah bagian index.html jadi saya hanya menampilkan menunya saja dan tombol 'Order Now', tombol tersebut berisi link yang akan menuju ke halaman order.html

 

  (order.html)

Disini adalah bagian order.html, saya hanya memberikan informasi berupa nomor Whatsapp, Direct Message Instagram dan alamat.

    Kemudian saya mencari webhost gratisan agar web dagangan tersebut bisa diakses oleh siapa saja, tapi sebelum itu saya memerlukan persetujuan oleh pacar saya sendiri hehehe, dan akhirnya dia setuju bahkan bisa dibilang kagum dengan web buatan saya, alhamdullilah..
Setelah itu, saya dapat saran oleh teman 'bagaimana kalo ditambah seperti sistem keranjang? jadi kita bisa menentukan menu yang dipilih dan jumlah porsinya. Terus ditotal untuk harga yang akan dibayar'

Menarik! tapi.. bagaimana caranya? terlintas diotak saya untuk menggunakan bahasa PHP, karena saya akan membuat Variabel dan melakukan Operasi aritmatika. Beberapa hari setelah saya belajar PHP dasar, saya mulai mengedit web tersebut lagi untuk memberikan variabel dan melakukan banyak sekali fungsi-fungsi dan mengubah beberapa tampilan juga. Bahkan saya juga mendapatkan beberapa masalah yang membuat saya bingung, walaupun itu rumit dan memusingkan tapi otak harus tetap bekerja agar tidak setres hehe.

Akhirnya setelah kurang lebih 7 hari lamanya (dikarenakan waktu luang saya saat ini hanya sehabis magrib sampai jam 10 malam saja) web tersebut sudah punya sistem dimana bisa menghitung total pesanan dan harga juga membuat form untuk pemesan. Cara kerjanya dibagian index saya buat input 'checkbox' atau kotakan untuk mencentang menu yang dipilih, dan membuat input number untuk jumlah pesanan yang di centang, kemudian mengisi form data pemesan. Selanjutnya akan di kirim form tersebut dengan metode 'POST' ke halaman order.php dan diakses untuk melakukan operasi-operasi.




Khusus dibagian ini, saya tidak membuat halaman lagi seperti order_gagal.php. Tapi saya menggunakan Error Handling dalam PHP menggunakan fungsi isset, jadi cara kerjanya adalah jika form kosong atau menu tidak ada yang dipilih maka tidak bisa melakukan order dan muncul gambar mangkok yang sedang bersedih, kemudian disediakan tombol untuk kembali ke menu utama.

Jika berkenan, kalian bisa mengunjungi web @cookingbynaey di https://cookingbynaey.000webhostapp.com/

Beri komentar jika menemukan error atau bug untuk bahan masukkan saya, atau bisa memberi saran agar lebih baik lagi, terimakasih..

Itulah kegabutan saya dikala bosan dan setres karna belum mendapatkan pekerjaan lagi, walau begitu otak harus tetap bekerja untuk mengalihkan sejenak pikiran yang menumpuk karena jika terus menumpuk bisa menyebabkan setres dan sakit kepala. Sekian dan terimakasih..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

YouTube bukan cuma platform hiburan, tapi juga ladang cuan! Pelajari 3 cara top cuan di YouTube: pasang iklan, raih Super Chat & Super Sticker, dan konten eksklusif YouTube Premium. Jangan lupa tips bikin konten raja biar cuanmu terbang! YouTube adalah platform media sosial yang populer untuk berbagi video. Selain untuk hiburan, YouTube juga bisa menjadi sumber penghasilan bagi para kreator konten. Berikut adalah 3 cara untuk mendapatkan uang dari YouTube: 1. Iklan Cara paling umum untuk mendapatkan uang dari YouTube adalah dengan menampilkan iklan di video kalian. Ketika penonton menonton video kalian, mereka akan melihat iklan. YouTube akan membayar kalian berdasarkan jumlah penayangan iklan tersebut. 2. Super Chat dan Super Sticker Super Chat dan Super Sticker adalah fitur yang memungkinkan penonton untuk memberikan dukungan finansial kepada kalian para kreator konten. Super Chat adalah pesan yang muncul di bagian atas layar selama 5 menit, sedangkan Super Sticker adalah stiker

Coding C++ di Android #1 Biodata (Source Code dan Video)

Kalian yang membaca artikel ini, mungkin sudah melihat video tutorial saya Coding Menggunakan Android di Youtube. Membuat biodata dengan input dari user step by step dari awal hingga akhir, dalam video tersebut saya menyiapkan sebuah source codenya atau salinan kodingnya di blog ini. Dalam video tersebut saya juga menjelaskan apa itu variabel dan bagaimana cara menulisnya, menganalisis variabel yang dibutuhkan dan kemudian menjalankan programnya.   Buat yang belum nonton silahkan di tonton dulu, beri komentar kurangnya apa dan kritikan juga gak masalah agara kedepannya atau video selanjutnya menjadi lebih baik dan mudah untuk dipahami. Source code: #include <iostream> using namespace std; //variabel string nama; int tglLhr; int umur; string dmsl; //main program int main(int argc, char *argv[]) { //input ke variable cout << "Masukkan nama kamu: "; cin >> nama; cout << "Masukkan Tanggal lahir: "; cin >> tglLhr; cout << "Ma

Coding di Android C++: #2 Kalkulator Sederhana (Source Code dan Video)

Pada sebelumnya, saya sudah membagikan source code  dan video tutorial pertama Coding di Android #1 biodata beserta tutorial dalam kodingnya. Kali ini saya akan membagikan source code dari tutorial kedua yaitu membuat kalkulator sederhana. Dalam channel youtube saya juga sudah ada videonya silahkan di tonton agar lebih mudeng dan lebih jelas.  Video Tutorial C++ Membuat Kalkulator Pada video tersebut mungkin masih banyak kekurangannya, saya harap jika kalian punya masukan atau saran silahkan komen di video tersebut atau komen di sini agar menjadi pembelajaran juga untuk diri saya sendiri supaya kedepannya menjadi lebih baik lagi. Source Code Kalkulator #include <iostream> using namespace std; int angka1; int angka2; int main(){ cout << "angka pertama: "; cin >> angka1; cout << "angka kedua: "; cin >> angka2; //hasil //tambah cout << "Hasil Tambah: "; cout << angka1 + angka2; cout << endl; //kurang