Langsung ke konten utama

Pengertian Modem dan Kegunaan beserta Harganya

 

Apa itu modem? saya pernah menemukan perangkat ini, bentuknya seprti USB Flash Disk tetapi ada antenanya, mungkin jaman sekarang sudah tidak ada antenanya. Waktu itu belum tau nama perangkat keras tersebut kemudian saya bertanya ke teman dan baru tau kalo itu adalah modem jenis CMDA, artinya kita hanya bisa memberi kartu berjenis CDMA untuk mengakses internet. 

Pengertian Modem

Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.

Fungsinya 

Secara umum, modem berfungsi sebagai perangkat keras yang berguna untuk mengubah komunikasi dua arah yaitu mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan juga sebaliknya. Secara sederhana ia merupakan perangkat yang dapat memfasilitasi kalian dalam mengakses internet.

Jenis-jenis Modem Berdasarkan Pemasangannya

Modem Eksternal

Modem eksternal biasanya dipasang di bagian luar CPU seperti serial port atau USB CP. Keunggulan modem eksternal adalah dapat mudah dibawa kemana-mana dan mudah dipindahkan kemanapun.

Modem Internal

Biasanya modem ini dipasang pada bagian dalam CPU seperti slot PCI. Modem internal dapat digunakan untuk card modem komputer, slot PCI, slot ISA. Keunggulan dari modem ini adalah cara pemasangan modemnya yang sangat mudah dan harganya yang relatif murah. Modem ini sering dikenal dengan On-Board Modem. 

Jenis-jenis Modem Berdasarkan Jaringannya

Modem dengan Kabel

Modem tanpa Kabel

Jenis-jenis Modem Berdasarkan Teknologinya

Modem Analog (modem dial-up)

Modem ini biasanya digunakan untuk koneksi dial-up melalui jaringan telepon atau dengan kata lain akses jaringan komputer melalui jalur telepon dengan menggunakan modem.
Dial-up biasanya  digunakan secara pribadi di rumah. Komputer yang dapat menggunakan modem dial-up umumnya adalah komputer tunggal atau PC.

Modem Digital Subscriber Line (DSL)

Modem DSL digunakan untuk  menerima dan mengirimkan data dengan teknologi digital melalui suatu jaringan yang terdedikasi (dedicated line).
Ada dua jenis modem DSL, yaitu Asymmetric Digital Subscriber Line (ASDL) dengan kecepatan download lebih cepat daripada upload dan Symmetric Digital Subscriber Line (SSL) dengan kecepatan donload sama dengan kecepatan upload.

Modem Kabel

Modem kabel merupakan perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini yang kemudian digunakan sebagai koneksi internet dengan kecepatan maksimum 27 Mbps downstream dan 2,5 Mbps upstream. Untuk dapat digunakan sebagai modem kabel, komputer kalian harus dilengkapi dengan kartu ethernet (ethernet card).

Modem CDMA

Code Division Multyple Acces (CDMA) pada umumnya modem CDMA ini berbentuk seperti USB Flashdisk yang dapat anda gunakan kapanpun. Kecepatan internet CDMA dapat mencapai tiga kali lipat koneksi dial-up. 

Modem GSM

Global System for Mobile Communication (GSM) seperti modem CDMA, Modem GSM juga berbentuk seperti USB.

Harga Modem Saat ini 2020 di Lazada

TP-Link Tp-Link USB WIFI TL-WN722N Plus Antena ...          Rp 101.700   

HUAWEI PX3 Antena Portable Modem Bolt 4G Huawei ...        Rp 134.800    

Advan ADVAN Jetz Modem USB 3.5G DT-10 Unlock All ...      Rp 150.000     

HUAWEI Jual Modem Mifi Huawei E5573 4G LTE ...                Rp 499.000

Sekian postingan tentang pengertian modem dan kegunaan beserta harganya, jika kalian ingin membelinya pastikan sesuai kebutuhan agar tidak sia-sia. semoga postingan ini bermanfaat jika ada yang ingin request bisa komen dibawah dibagian kolom komentar. Sekian dan terimakasih..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

YouTube bukan cuma platform hiburan, tapi juga ladang cuan! Pelajari 3 cara top cuan di YouTube: pasang iklan, raih Super Chat & Super Sticker, dan konten eksklusif YouTube Premium. Jangan lupa tips bikin konten raja biar cuanmu terbang! YouTube adalah platform media sosial yang populer untuk berbagi video. Selain untuk hiburan, YouTube juga bisa menjadi sumber penghasilan bagi para kreator konten. Berikut adalah 3 cara untuk mendapatkan uang dari YouTube: 1. Iklan Cara paling umum untuk mendapatkan uang dari YouTube adalah dengan menampilkan iklan di video kalian. Ketika penonton menonton video kalian, mereka akan melihat iklan. YouTube akan membayar kalian berdasarkan jumlah penayangan iklan tersebut. 2. Super Chat dan Super Sticker Super Chat dan Super Sticker adalah fitur yang memungkinkan penonton untuk memberikan dukungan finansial kepada kalian para kreator konten. Super Chat adalah pesan yang muncul di bagian atas layar selama 5 menit, sedangkan Super Sticker adalah stiker

Coding C++ di Android #1 Biodata (Source Code dan Video)

Kalian yang membaca artikel ini, mungkin sudah melihat video tutorial saya Coding Menggunakan Android di Youtube. Membuat biodata dengan input dari user step by step dari awal hingga akhir, dalam video tersebut saya menyiapkan sebuah source codenya atau salinan kodingnya di blog ini. Dalam video tersebut saya juga menjelaskan apa itu variabel dan bagaimana cara menulisnya, menganalisis variabel yang dibutuhkan dan kemudian menjalankan programnya.   Buat yang belum nonton silahkan di tonton dulu, beri komentar kurangnya apa dan kritikan juga gak masalah agara kedepannya atau video selanjutnya menjadi lebih baik dan mudah untuk dipahami. Source code: #include <iostream> using namespace std; //variabel string nama; int tglLhr; int umur; string dmsl; //main program int main(int argc, char *argv[]) { //input ke variable cout << "Masukkan nama kamu: "; cin >> nama; cout << "Masukkan Tanggal lahir: "; cin >> tglLhr; cout << "Ma

Coding di Android C++: #2 Kalkulator Sederhana (Source Code dan Video)

Pada sebelumnya, saya sudah membagikan source code  dan video tutorial pertama Coding di Android #1 biodata beserta tutorial dalam kodingnya. Kali ini saya akan membagikan source code dari tutorial kedua yaitu membuat kalkulator sederhana. Dalam channel youtube saya juga sudah ada videonya silahkan di tonton agar lebih mudeng dan lebih jelas.  Video Tutorial C++ Membuat Kalkulator Pada video tersebut mungkin masih banyak kekurangannya, saya harap jika kalian punya masukan atau saran silahkan komen di video tersebut atau komen di sini agar menjadi pembelajaran juga untuk diri saya sendiri supaya kedepannya menjadi lebih baik lagi. Source Code Kalkulator #include <iostream> using namespace std; int angka1; int angka2; int main(){ cout << "angka pertama: "; cin >> angka1; cout << "angka kedua: "; cin >> angka2; //hasil //tambah cout << "Hasil Tambah: "; cout << angka1 + angka2; cout << endl; //kurang